Keputihan bukan sebuah penyakit

Wanita terkadang berpikir bahwa keputihan pada vagina  adalah sebuah penyakit ,sebenarnya keputihan itu terbagi menjadi dua :Normal (fisiologis) dan tidak normal (Patologis),bagaimana kita bisa mengetahui keputihan yang di alami normal atau tidak normal.Mari kita simak perbedaan nya di postingan kali ini.


Menurut para dokter keputihan normal adalah meningkatnya cairan hormon pada vagina sekitar masa haid atau hamil,mendapat rangsangan sexsual,cairan keluar saat kita stress atau kelelahan,penggunaan obat-obatan atau alat kontrasepsi,Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.


Sedangkan keputihan yang tidak normal adalah cairan yang keluar dari vagina karena diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.dan biasanya merasakan gatal-gatal pada bagian kewanitan.Sebagian besar keputihan ini disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis yang menghasilkan banyak cairan berupa cairan encer berwarna kuning kelabu.
Keputihan yang patut diwaspadai jika timbul gejala meningkatnya jumlah cairan vagina dari biasanya hingga terus menerus muncul dan acapkali mengganggu, berbau amis, apek, busuk, berwarna putih susu, kuning tua, coklat, kehijauan bercampur darah. Cairan vagina yang tidak normal juga ditandai dengan konsistensi encer, berbuih hingga kental menggumpal seperti susu basi.

Keputihan yang dialami para wanita memang membuat tidak nyaman, tapi jangan salah keputihan pun ada yang normal. Sebenarnya apa sih penyebab keputihan? Keputihan ini disebabkan karena kelenjar di dalam rahim dan vagina membawa keluar sel - sel mati dan bakteri dengan pengeluaran lendir, keluarnya lendir ini menyebabkan vagina kita tetap bersih dan membantu dalam mencegah infeksi
Setelah anda menyimak postingan di atas, pasti anda akan tahu keputihan mana yang sedang dialami oleh anda 

0 comments:

Post a Comment

 
Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | Contact Us | Artikel Kesehatan
Infokesehatan